+62 852 254 154 16 support@cloudkece.com

Setelah sebelumnya telah Saya bahas tentang Cara Install WordPress di cPanel Menggunakan Softaculous, pada kesempatan kali ini Saya akan kembali membahas tentang cara install wordpress di cPanel. Namun berbeda dengan sebelumnya yang dimana proses instalasi menggunakan aplikasi dan berjalan otomatis, kali ini instalasi akan dilakukan secara manual.

But, relax! Cara install WordPress di cPanel secara manual tidak jauh berbeda kok dengan cara sebelumnya. Masih sama-sama mudah untuk dilakukan, dan tidak memakan waktu yang lama. Tak sampai 10 menit sama seperti cara sebelumnya, jika kita memang cekatan dan sudah paham langkah-langkahnya.

 

Yang Harus Dipersiapkan

Kan sudah Saya bilang, tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Masih sama, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum masuk ke langkah-langkah install wordpress di cPanel, yaitu:

  • Hosting yang menggunakan cPanel. Jika belum punya bisa, bisa order dulu di CloudKece Hosting.
  • Domain. Belum punya juga? Santai, Anda juga bisa order domain di CloudKece Domain.
  • Kopi, biar ngga ngantuk.
  • Dan koneksi internet pastinya.

Cara Install WordPress di cPanel Secara Manual

Langkah 1: Men-download File Instalasi WordPress

Download File Instalasi WordPress

Halaman Download File Instalasi WordPress

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu men-download file instalasi wordpress yang bisa Anda download di website wordpress.org/download/ atau klik DI SINI. Setelah masuk ke halaman download wordpress, lalu klik pada tombol Download WordPress 4.x.x

Langkah 2: Membuat Database untuk File Instalasi WordPress

Setelah berhasil men-download file instalasi wordpress, langkah selanjutnya yaitu membuat database di cPanel. Login ke akun cPanel Anda, lalu gunakan fitur search untuk mencari menu DATABASES lalu pilih pada MySQL® Databases.

Setelah itu Anda akan masuk ke halaman untuk membuat dan mengkonfigurasi database SQL secara GUI. Pada bagian kolom Create New Database silahkan diisi dengan keinginan anda. Contoh, misal pada gambar username Saya adalah protifid lalu Saya membuat database baru untuk wordpress bernama wp, maka menjadi protifid_wp. Sesuaikan dengan username login akun Anda. Setelah itu klik Create Database.

Setelah berhasil membuat database baru, selanjutnya langsung scroll down menuju ke bagian MySQL Users untuk membuat user baru untuk database yang telah dibuat sebelumnya. Pada bagian Add New User kolom username dan password isi saja sesuai keinginan Anda, disarankan tidak sama dengan username dan password login akun cPanel.

Setelah berhasil membuat user baruLalu pada bagian, Add User To Database pada user dan database sesuaikan dengan yang telah dibuat sebelumnya.

Langkah 3: Upload File Instalasi WordPress ke cPanel

Selanjutnya yaitu meng-upload file instalasi wordpress ke cPanel. Buka File Manager yang ada di cPanel, lalu upload file instalasi wordpress di direktori public_html. Setelah berhasil ter-upload selanjutnya rename file wp-config-sample.php menjadi wp-config.php lalu edit file tersebut pada bagian scipt database. Sesuaikan dengan database dan user database serta password yang sebelumnya telah dibuat.

Langkah 4: Setup Terakhir Instalasi WordPress

Selanjutnya buka website Anda, lalu Anda akan melihat halaman sebagai berikut

Pilih bahasa yang ingin digunakan. Lalu klik Lanjutkan/Next. Setelah itu Anda akan menuju ke halaman setup seperti di bawah, isi kolom sesuai dengan keinginan.

Dan install wordpress di cPanel secara manual berhasil dilakukan! Selanjutnya klik pada Masuk Log / Login untuk masuk ke halaman dashboard wordpress.

Gambar di bawah ini adalah tampilan dari dashboard wordpress ketika baru pertama kali ter-install.

 

Sampai langkah ini semua tahap install wordpress di cPanel secara manual telah berhasil dilakukan. Sangat mudah bukan? Jika Anda mengalami masalah atau memiliki pertanyaan tentang cara install wordpress di cPanel, silahkan berkomentar di kolom komentar di bawah artikel ini atau Anda bisa juga menggunakan fitur Live Chat yang ada di widget sebelah kanan. Sekian, semoga bermanfaat.