Panduan Dasar: Install WordPress di cPanel Hosting Menggunakan Softaculous

WordPress merupakan platform blog yang paling populer sekarang ini. Cara install wordpress sangatlah mudah, banyak juga template dan plugin yang tersedia yang membuat awam sekalipun mudah menggunakannya. Selain kita dapat install wordpress di cPanel, kita juga dapat meng-install wordpress di komputer lokal. Itulah beberapa alasan yang membuat platform ini menjadi sangat populer sekarang ini.

Terdapat dua cara untuk meng-install wordpress di cPanel, yaitu manual dan cara otomatis menggunakan fitur Softaculous di cPanel. Pada kesempatan kali ini, Saya akan berbagi tentang cara install wordpress di cPanel menggunakan Softaculous, simak juga artikel cara install wordpress di cPanel secara manual.

 

Yang Harus Dipersiapkan

Sebelum masuk ke langkah-langkah install wordpress di cPanel, ada beberapa hal yang harus Anda siapkan, yaitu:

  • Hosting yang menggunakan cPanel. Jika belum punya bisa, bisa order dulu di CloudKece Hosting.
  • Domain. Belum punya juga? Santai, Anda juga bisa order domain di CloudKece Domain.
  • Kopi, biar ngga ngantuk.
  • Dan koneksi internet pastinya.

Cara Install WordPress di cPanel Menggunakan Softaculous

Langkah 1: Cari Menu Softaculous Apps Installer

Pilih Aplikasi WordPress Untuk Masuk Halaman Instalasi WordPress di Softaculous

Setelah berhasil login ke akun cPanel hosting, lalu cari menu Softaculous Apps Installer yang berada di bagian paling bawah pada halaman cPanel. Atau gunakan fitur search yang ada di cPanel untuk mempercepat pencarian. Setelah itu klik pada pilihan WordPress, karena di sini kita akan meng-install wordpress di cPanel.

Langkah 2: Setup Instalasi WordPress

Halaman Setup Instalasi WordPress di Softaculous

Selanjutnya Anda akan masuk ke halaman setup instalasi wordpress di softaculous. Klik pada tombol Install Now untuk lanjut ke langkah berikutnya.

Pada bagian Software Setup, terdapat tiga kolom yaitu kolom protocol, domain dan directory instalasi wordpress. Sesuaikan dengan kebutuhan website Anda.

Pilih Protokol dan Domain yang Akan Diinstall WordPress

  • Choose Protocol – Pilih https:// atau https://www. jika website Anda sudah terpasang SSL.
  • Choose Domain – Pilih domain yang ingin Anda install wordpress.
  • In Directory – Merupakan direktori tujuan untuk file instalasi wordpress, kosongkan jika Anda ingin meng-install wordpress di direktori utama (root).

Scroll down lagi maka Anda akan kembali menemukan kolom konfigurasi setup wordpress. Pada bagian Site Settings, isi kolom Site Name dengan nama website Anda dan pada Site Description isi dengan deskripsi website Anda. Lalu pada bagian Admin Account, isi kolom Admin Username dan Admin Password sesuai dengan keinginan Anda.

Pada bagian Choose Languange Anda dapat mengkonfigurasi bahasa yang digunakan untuk website wordpress Anda.

Terakhir pada bagian Select Plugin(s) hingga bagian Select Theme biarkan saja secara default, Anda dapat mengkonfigurasinya nanti. Langsung saja klik pada tombol Install.

Langkah 3: Proses Instalasi WordPress

Langkah selanjutnya kita tinggal santai dan minum kopi yang sudah disiapkan sebelumnya sembari menunggu proses instalasi wordpress berjalan.

Setelah proses instalasi selesai, maka akan tampil pesan bahwa instalasi sukses dilakukan seperti pada gambar di bawah ini.

Langkah 4: Login ke Dashboard WordPress

Login ke dashboard WordPress dapat Anda lakukan dengan mengakses URL http://(namadomain.com)/wp-admin. Gunakan username dan password yang sesuai dengan apa yang Anda buat sebelumnya ketika melakukan instalasi.

Berikut adalah tampilan dashboard wordpress ketika baru pertama kali di-install.

Jika Anda dapat mengikuti panduan kita pada langkah ini, berarti Anda telah berhasil melakukan instalasi wordpress di cPanel menggunakan softaculous. Selanjutnya Anda bisa mencoba memulai menulis artikel pertama Anda, atau mungkin ingin mengganti tema dan menambah plugin.

Sekian dari Saya tentang cara install wordpress di cPanel menggunakan softaculous. Jika Anda mengalami kesulitan atau mempunyai pertanyaan tentang wordpress, jangan ragu-ragu untuk berkomentar di bawah arikel ini. Kami akan dengan senang hati membantunya. Sekian, semoga bermanfaat 🙂

This website uses cookies.